12.08.2011

Siap dengan Gerhana Bulan 10 Desember 2011?

Insya Allah jika tak ada aral melintang, gerhana bulan akan menyelimuti wilayah Indonesia pada Sabtu 10 Desember 2011, 14 Muharram 1433 H. Setelah kami lihat dengan program virtual Stellarium, gerhana bulan terjadi pada sekitar pukul 20.00 WIB sampai sekitar 23.00 WIB. Screenshot yang kami ambil dari Stellarium 0.11.0 dengan titik pengamatan Yogyakarta adalah seperti di bawah ini.

Untuk informasi lebih lengkap tentang gerhana ini bisa download di website BMKG. Di samping itu Kemenkominfo juga menyediakan fasilitas live streaming gerhana bulan 10 Desember 2011 dari beberapa tempat di Indonesia.

Persiapan Kaum Muslimin
Sebagai penganut Islam, tidak layak baginya melakukan perbuatan tercela dengan menabuh kentongan, alu, bahkan melakukan kesyirikan (na'udzubillah). Sunnah yang diajarkan Rasulullah dalam menyambut datangnya gerhana adalah dengan melaksanakan shalat gerhana (khusuf untuk gerhana matahari, dan kusuf untuk gerhana bulan).

Tata cara kedua shalat gerhana tersebut juga sama, dua rakaat dengan bacaan yang panjang dengan dua kali ruku' pada setiap rakaatnya. Untuk lebih jelas lagi bisa baca di artikel ini.

Yang dilakukan kaum muslimin lainnya adalah seperti yang tertuang dalam penggalan hadist Muttafaqun ‘alaihi yang artinya, "Oleh karena itu, bila kaliannya melihat, maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, shalat dan bersedekahlah". Demikian semoga mengingatkan kita untuk melaksanakan sunnah ini.

No comments:

Post a Comment