1.31.2011

Panduan Membeli Buku Islam

Motivasi orang membeli buku, karena beberapa faktor, antara lain: 
  • harganya murah
  • penulisnya terkenal
  • judulnya memikat
  • bahasanya menarik
  • bentuknya yang unik
  • kualitas cetakan
  • keinginan membuat perpustakaan pribadi, dan sebagainya .
Oleh karena itu, mengetahui tips memilih buku saat akan membeli menjadi sangat penting. Apalagi bagi seorang muslim yang ingin menjadikan buku sebagai salah satu sarana memperbaiki kehidupan duniawi dan ukhrowinya.
Berikut ini kami sajikan beberapa tips memilih buku- buku Islam yang berkualitas. Mudah-mudahan bermanfaat.
  1. Mempersiapkan daftar buku yang akan dibeli saat ini, maupun yang akan dibeli di kemudian hari. Menentukan skala prioritas terutama jika keuangan terbatas. Manfaatkan kesempatan pameran untuk mendapatkan buku berkualitas.
  2. Kenali buku yang akan dibeli. Konsultasikan pada ustadz atau orang yang mengetahui kandungan buku. Minta saran tentang 'gizi' yang terkandung dalam buku yang akan dibeli.
  3. Mulailah perpustakaan pribadi anda dengan buku-buku yang mengajarkan pemahaman Islam yang lurus dan bersih dari penyimpangan. Miliki buku-buku karya ulama-ulama besar yang dikenal ilmu dan kesholehannya. Seperti karya Ibnu Qudamah Al-Maqdisi, Ibnu Abdil Bar, Adz-Dzahabi, Ibnu Taimiyah, Ibnu Katsir, Ibnul Qoyyim, Ibnu Rojab, Ibnu Hajar, Asy-Syaukani, dan lainnya.
  4. Pilihlah buku yang teliti dalam menyebutkan nash dengan akurat. Hadits yang dicantumkan disertai sumber dan kualitas shohih atau dlo'ifnya.
  5. Jika hendak membeli buku yang tidak dikenal penulisnya, hendaknya 'cicipi' dulu muqoddimah, daftar isi, dan beberapa halaman buku untuk mendapatkan gambaran 'gizi' dalam buku tersebut agar tidak terkecoh oleh warna sampul yang menarik dan cetakan yang eksklusif.
  6. Perhatikan kualitas cetakan, sampul dan isinya. Tidak rusak, kotor, salah cetak (halaman terbalik, kurang, terhapus, dan sebagainya).
  7. Jika buku yang dibeli mencantumkan daftar salah cetak atau salah tulis, segera pindahkan koreksi tersebut pada tempatnya. Supaya tidak salah baca. Jangan lupa untuk segera memasukkan daftar perpustakaan pribadi anda setiap membeli buku baru.
Jogja, November 2007.
Disampaikan ustadz Ridwan Hamidi dalam bentuk tulisan tangan.

No comments:

Post a Comment